Tugas 4 Rekayasa Kebutuhan B

 Tugas 4 Rekayasa Kebutuhan B
Kelompok :

Christoffer Ivano 05111940000091

Melanchthon Bonifacio 05111940000097

Aji Rindra FPF 05111940000205


Tugas 4 Rekayasa Kebutuhan - Requirement Elicitation

Tugas 4 disini membahas mengenai Requirement Elicitation yang dimana kebutuhan elisitasi

tersebut berdasarkan dari salah satu aplikasi web e-commerce, yaitu Sistem Informasi Senikersku. 

Aplikasi Sistem Informasi Senikersku merupakan aplikasi web e-commerce yang menyediakan

produk katalog yang disediakan oleh Senikersku itu sendiri, produk yang dicakup merupakan

Sepatu Senikers yang sangat stylish.

Elicitation

  1. Mengidentifikasi Stakeholder / Pemangku Kepentingan

  2. Mengemukakan pertanyaan-pertanyaan kepada stakeholder

  3. Menggali kebutuhan fungsional dan non-fungsional

  4. Menetapkan spesifikasi aplikasi

Stakeholder

  • Perusahaan Senikersku,

    • Pihak yang membutuhkan sistem e-commerce

  • Pegawai / admin Senikersku,

    • Pihak yang menggunakan sistem e-commerce untuk mengelola produk dan

                        transaksi penjualan
  • Pengguna/pembeli,

    • Pihak yang menggunakan sistem e-commerce untuk melakukan transaksi pembelian

  • Penyedia Metode Pembayaran

    • Pihak yang menyediakan metode pembayaran dalam sistem e-commerce saat

                        pengguna/pembeli melakukan transaksi.
  • Pengembang aplikasi,

    • Pihak yang mengembangkan sistem e-commerce sesuai kebutuhan dan spesifikasi

                    yang disepakati



Adapun kebutuhan yang ditemukan sebagai berikut

Kebutuhan Pembeli

  • Sistem dapat menyediakan fitur untuk pembeli agar dapat mencari barang yang diinginkan.

  • Sistem dapat menyediakan layanan agar pembeli dapat melakukan pembayaran untuk barang yang telah dipesan.

  • Sistem dapat menampilkan stock produk yang tersedia.

  • Sistem dapat membantu pembeli untuk melacak pengiriman dari produk yang telah mereka beli.


Kebutuhan Pegawai

  • Sistem dapat menyediakan fitur untuk mengelola data barang sehingga pegawai

            dapat mengelola barang yang ingin mereka jual.
  • Sistem dapat menyediakan fitur mengelola promosi barang agar pegawai dapat

            memberikan info tentang promosi terbaru.
  • Sistem menyediakan layanan melihat data pembeli agar pegawai dapat mengetahui

            alamat tujuan pengiriman barang
  • Sistem menyediakan fitur mengubah status pemesanan agar pegawai dapat

            menginfokan kepada pembeli status dari pesanan mereka


Kebutuhan Penyedia Pembayaran

  • Sistem dapat memberikan keuntungan dari tiap pembayaran menggunakan metode

            yang diasosiasikan dengannya.
  • Sistem menyediakan layanan yang memberikan kemudahan untuk berkomunikasi

            dengan admin dan menerima laporan pendapatan.

Kebutuhan Fungsional :

  • Sistem menyediakan akses untuk membuat akun dan log in.

  • Sistem dapat memberikan akses manajemen untuk mengelola data produk.

  • Sistem dapat menampilkan produk.

  • Sistem dapat mendukung untuk melakukan pembayaran.

  • Sistem dapat mendukung untuk melakukan pembayaran.

  • Sistem dapat mendukung untuk memberikan review terhadap barang yang telah dibeli.

  • Sistem dapat menampilkan pelacakan produk yang dibeli.

  • Sistem dapat memberikan akses manajemen untuk mengelola data pembelian.



Kebutuhan Non-Fungsional

  • Sistem dapat berjalan 24 jam dalam satu minggu (24/7)

  • Sistem dapat diakses dari berbagai perangkat

  • Sistem dapat diakses dari berbagai browser

  • Sistem memiliki User Interface yang menarik

  • Sistem memiliki response time < 5 detik saat user/admin melakukan action


Pertanyaan Interview

  • Aplikasi seperti apa yang anda butuhkan?

  • Fitur apa saja yang harus ada untuk sistem e-commerce anda?

  • Kesulitan apa yang dialami saat melakukan transaksi secara konvensional?


Jawaban Interview

  • Aplikasi yang kami butuhkan adalah aplikasi yang dapat mewadahi admin /

            pegawai dari Senikersku untuk mengolah data barang jualan dan mengolah
            data penjualan terhadap pembeli. Pembeli juga diharapkan dapat melakukan
            pembelian untuk barang yang telah kami input ke dalam aplikasi dan menggunakan
            metode pembayaran yang telah disediakan oleh sistem.
  • Dari segi user, yang pertama tentunya user membutuhkan fitur cart (keranjang belanja)

            dan juga fitur wishlist. Hal ini akan memungkinkan user untuk mengelola barang-barang
            yang akan dibeli nantinya. Kemudian user harus dapat melakukan pembayaran dengan
            berbagai metode, misalnya dengan transfer bank ataupun dengan menggunakan e-wallet.
            Fitur berikut yang harus ada yaitu fitur tracking untuk melacak barang yang telah dibeli oleh
            user. Dan yang terakhir adalah fitur history transaksi. Kemudian dari segi admin, di luar dari
            fitur-fitur utama seperti mengelola barang, dan melihat detail transaksi, admin juga harus
            dapat melihat infographic sistem informasi yang berisi pengunjung website, dan transaksi
            yang telah dilakukan.
  • Melakukan transaksi secara konvensional tentunya membatasi pembeli yang ingin

            menjaga jarak selama masa pandemi ini. Karena pembeli harus datang dan mungkin
            harus mencoba terlebih dahulu untuk produk yang mereka inginkan. Jadi,
            penjualan secara konvensional mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Rincian Tim Pengembang

  • Project Manager

  • UI/UX Designer

  • Frontend Developer

  • Backend Developer

  • System Analyst

  • Tester

Spesifikasi Sistem

Sistem memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  • Sistem operasi : Windows

  • Framework : Laravel

  • Programming Language : PHP

  • Scripting Language : MySQL

  • SQL Server : Microsoft SQL Server

  • DBMS : SQLite

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 1 Rekayasa Kebutuhan

Website Form Vaksin

Christoffer Ivano CV