Tugas 3 Rekayasa Kebutuhan B

Pada tugas ke-3 ini, saya akan membahas tentang “Input Output Rekayasa Kebutuhan” dengan menggunakan studi kasus dari tugas sebelumnya. Saya menggunakan studi kasus “SENIKERSKU”. Untuk SKPL dokumen dapat dilihat dibawah ini :


Input 

Existing Systems Information

Aplikasi yang dikembangkan berupa sistem berbasis web yang digunakan untuk untuk mengelola data-data mengenai proses bisnis penjualan pakaian serta sepatu serta user (pembeli) yang dilakukan toko SENIKERSKU. Sistem ini tentunya memiliki target  Fitur yang dikembangkan berupa :
  1. Mengelola data barang termasuk promosi, harga dan spesifikasi.
  2. Mengelola data pembeli termasuk mengelola akun, melihat riwayat pembelian dan melakukan chat online.
  3. Mengubah status pemesanan dan mengubah status pada pembelian


Stakeholder Needs

Berikut adalah kebutuhan dari masing-masing stakeholder 

Admin

  • Admin dapat melakukan chat online
  • Admin dapat mengubah status pemesanan
  • Admin dapat melihat data pembeli 
  • Admin dapat mengelola data barang
  • Admin dapat mengelola promosi barang
  • Admin dapat melihat ulasan barang

Pembeli

  • Pembeli dapat mengganti Detail Akun
  • Pembeli dapat melakukan Registrasi Mencari barang
  • Pembeli dapat memilih barang di wishlist 
  • Pembeli dapat melakukan pembelian
  • Pembeli dapat melakukan chat online
  • Pembeli dapat melihat ulasan barang
  • Pembeli dapat melakukan pembayaran
  • Pembeli dapat mengisi form pembayaran
  • Pembeli dapat melacak barang pembelian
  • Pembeli dapat melihat Riwayat pembelian
  • Pembeli dapat memberi ulasan barang


Organizational Standards

  1. Reliability, sistem dan aplikasi dapat digunakan dengan baik, 24/7 atau kapanpun, dan tidak mengalami crash.
  2. Availability, aplikasi dapat digunakan pada berbagai macam perangkat yang didalamnya terdapat website yang dapat mengakses internet.
  3. Security, data pembeli hanya dapat dilihat dan diubah oleh admin yang dibatasi oleh login. Beberapa fitur juga dibatasi untuk pelanggan.
  4. Maintainability, data penjualan dan pembeli dapat dilakukan perbaruan dan aplikasi dapat terus ditingkatkan layanannya.
  5. Portability, aplikasi dapat digunakan secara portable atau dimana saja dan dapat diakses ditempat manapun.


Regulations

Berikut adalah regulasi serta batasan-batasan dari hasil analisis kebutuhan sistem informasi :
  • Aplikasi ini merupakan adaptasi daring daripada toko Senikersku yang berbasis di Surabaya.
  • Sistem dapat mengelola data Pembeli dan barang.
  • Sistem dapat melakukan transaksi penjualan barang.
  • Data dapat dikelola oleh admin.
  • Perangkat harus terhubung dengan internet agar dapat mengakses aplikasi ini.
  • Sistem dikatakan berhasil apabila proses transaksi dan penjualan barang berjalan dengan lancar.

Output

Agreed Requirements:

1. Kebutuhan Fungsional:

  • Sistem menyediakan fitur untuk pembeli mencari barang yang diinginkan
  • Sistem menyediakan fitur untuk pembeli memilih barang yang ada di wishlist untuk di checkout
  • Sistem menyediakan layanan agar pembeli dapat melakukan pembelian barang
  • Sistem menyediakan layanan chat online agar pembeli dapat berkomunikasi dengan admin
  • Sietem menyediakan fitur untuk pembeli agar dapat melihat ulasan barang
  • Sistem menyediakan layanan agar pembeli dapat melakukan pembayaran untuk barang yang telah dipesan
  • Sistem menyediakan fitur untuk mengganti detail akun pembeli
  • Sistem menyediakan fitur untuk pembeli agar dapat melakukan registrasi
  • Sistem menyediakan fitur mengisi form pembayaran sebelum pembeli melakukan pembayaran
  • Sistem menyediakan layanan melacak barang pembelian agar pembeli dapat melihat progres dari barang yang telah dibeli
  • Sistem menyediakan fitur melihat riwayat pembelian agar mempermudah pembeli jika ingin membeli barang yang sama di kemudian hari
  • Sistem menyediakan fitur memberi ulasan barang sehingga pembeli dapat memberikan masukan kepada penjual
  • Sistem menyediakan fitur mengelola promosi barang agar admin dapat memberikan info tentang promosi terbaru
  • Sistem meneyediakan fitur mengubah status pemesanan agar admin dapat menginfokan kepada pembeli status dari pesanan mereka
  • Sistem menyediakan fitur mengelola data barang agar admin dapat mengelola barang yang ingin mereka jual
  • Sistem menyediakan layanan melihat data pembeli agar admin dapat mengetahui alamat tujuan pengiriman barang


2. Kebutuhan Non-Fungsional:

  • Sistem memiliki tampilan yang user-friendly
  • Sistem dapat diakses melalui perangkat PC maupun smartphone
  • Sistem dapat menjamin keamanan data akun pembeli
  • Sistem dapat diakses dari semua tipe browser

System Specification:

Sistem memiliki spesifikasi sebagai berikut:

1. Server:

Sistem Operasi: Windows
Web Server: Apache
Scripting Language: HTML, CSS, dan PHP
DBMS: MySQL

2. Client:

Sistem Operasi: Windows, Linux, MacOS, Android, iOS
Web Browser: Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, dan lainnya.

System Models

Berikut merupakan model dari sistem yang dikembangkan



Comments

Popular posts from this blog

Tugas 5 Rekayasa Kebutuhan B

Website Senikersku

Tugas 9 Rekayasa Kebutuhan B