Tugas 2 Rekayasa Kebutuhan

 Nama : Christoffer Ivano

NRP : 05111940000091

Kelas : RK B


Pada tugas kali ini, saya menggunakan SKPL dari final project saya sebelumnya, yaitu pembuatan sistem Senikersku.

1. Elicitating

Proses Elisitasi dari Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak Aplikasi (SKPL) di atas dilakukan dengan cara wawancara dari pemilik dari Senikersku. Dari hasil wawancara didapatkan data sebagai berikut:

  • Admin dapat menambahkan barang, merubah detail barang, dan menghapus barang dari web.
  • Admin dapat melihat dan mengonfirmasi pesanan dari pembeli.
  • Admin dapat membuat promosi untuk barang jualannya.
  • Pembeli dapat melakukan registrasi dan log in.
  • Pembeli dapat membeli barang yang tersedia di web.
2. Understanding

Pada tahapan Understanding, dilakukan pemaknaan pada proses elisitasi sebelumnya, seperti berikut :
  • Admin dapat mengelola promosi barang.
  • Admin dapat mengubah status pemesanan.
  • Admin dapat mengelola barang.
  • Admin dapat melihat data pembeli.
  • Pembeli dapat melakukan registrasi.
  • Pembeli dapat mengganti detail akun.
  • Pembeli dapat memilih barang.
  • Pembeli dapat melakukan pembelian.
  • Pembeli dapat memilih barang di whislist.
  • Pembeli dapat melakukan pembayaran.
  • Pembeli dapat mengisi form pembayaran.
  • Pembeli dapat melacak barang pesanan.
  • Pembeli dapat melihat riwayat pembelian.
  • Pembeli dapat memberi ulasan barang.
  • Pembeli dan admin dapat melakukan chat online.
  • Pembeli dan admin dapat melihat ulasan barang.
3. Specifying

Dari elisitasi dan pemahaman pada poin sebelumnya, memberikan gambaran spesifikasi dari perangkat yang akan diperlukan dan digunakan. Berikut untuk detailnya :
  • Terdapat 2 aktor yaitu pembeli dan admin.
  • Sistem dapat menyimpan dan memperbaharui detail barang jualan.
  • Sistem dapat menyimpan data akun dari admin dan pembeli.
  • Sistem dapat melakukan pencarian barang dari keyword yang dimasukkan oleh aktor.
  • Sistem dapat menyimpan data pembelian dan pembayaran dari pembeli.


4. Validating

Berikut adalah tahapan-tahapan untuk menguji dan memvalidasi apakah sistem berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna:

  • Tahap pertama : Rancangan dari aplikasi yang dibutuhkan akan didiskusikan kepada pemilik Senikersku
  • Tahap kedua : Melakukan testing pada aplikasi yang dikembangkan.
  • Tahap ketiga : Melakukan evaluasi dari aplikasi yang dikembangkan dan mengumpulkan saran dari pemilik Senikersku.
  • Tahap keempat : Melakukan deployment aplikasi pada server kemudian melakukan pemeliharaan dan debug sistem secara berkala / sesuai kebutuhan.

Output

  • Perangkat lunak klien untuk aplikasi Senikersku
  • Server untuk aplikasi Senikersku

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 5 Rekayasa Kebutuhan B

Website Senikersku

Tugas 9 Rekayasa Kebutuhan B